ARSIP BERITA

Sebanyak 270 mahasiswa dari tingkat III dan IV semua Prodi, pada Senin, 14 Mei 2018 mengikuti Kuliah Umum dengan materi yang disampaikan oleh SKK Migas, ExxonMobil Cepu Ltd, PT. Pertamina EP Asset 4, PT.Pertamina EP Cepu dan JOB PEJ.

Kuliah umum yang diselenggarakan di Grha Oktana ini dibuka secara resmi oleh Direktur PEM Akamigas, Prof. Dr. R.Y.Perry Burhan, M.Sc. yang menyampaikan bahwa tujuan dari kuliah umum ini adalah belajar dan melihat secara nyata dari orang-orang teknis yang bekerja langsung di lapangan. Harapannya, pengalaman di lapangan ini akan dapat mengisi kekurangan dari teori. Dengan demikian mahasiswa kita nanti akan lulus dengan bekal pengetahuan yang berimbang sehingga tidak kaget saat terjun ke lapangan kerja nanti.

Materi pertama yang disampaikan dalam kuliah umum ini adalah oleh Kepala Divisi Manajemen Proyek dan Pemeliharaan Fasilitas SKK Migas, Agoes Sapto Raharjo yang menyampaikan tentang “Industri Hulu Migas di Indonesia”, termasuk didalamnya progres penemuan explorasi migas di Indonesia dari tahun 2011 hingga 2017.

Materi berikutnya, disampaikan oleh Andrimeda Fataha Mubina, Field Manager PT. Pertamina EP Asset 4 dengan materi Gas untuk pemenuhan Listrik Jawa Tengah. Andrimeda menyampaikan tentang“Gas untuk Pemenuhan Listrik Jawa Tengah” dengan wilayah kerja asset 4, yaitu Cepu, lokasi sumur gas : CPP Gundih, Poleng, Donggi Matindok, Papua.

Setelah materi kedua selesai dilanjutkan dengan materi berikutnya yang disampaikan oleh Rexy Mawardijaya selaku Public and Government Affairs dan juru bicara ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL). Adanya kegiatan industri minyak dan gas memiliki multiplier efek diantaranya dapat meningkatkan energy minyak bumi, EMCL juga melaksanakan Program Pendukung Operasi berupa pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan (program air bersi), pendidikan (pusat belajar guru, renovasi sekolah) dan pemberdayaan ekonomi (biogas, batik, kredit mikro dll).

Dan untuk materi terkashir disampaikan olehIr. Kunadi, M.M., CPM, PGA & Relation Manager PEPC. Kunadi menyampaikan “Overview Proyek LapanganGas Jambaran-Tiung Biru, yang merupakan proyek strategis untuk memenuhi kebutuhan energy JawaTimur dan Jawa Tengah yang diprediksikan akan selesai pada tahun 2021. (cit)

Berbagai ajang kompetisi di gelar dalam The 42nd IPACONVEX dan selain agenda kegiatan yang telah rutin diadakan seperti Oral Presentation dan Poster Presentation, kali ini IPA menggelar PetroChallenge yang dilaksanakan pada hari kedua The 42nd IPACONVEX (3/5).

PetroChallenge ini merupakan ajang kompetisi dari kalangan mahasiswa dengan dibantu oleh profesional dibidang migas yang berkolaborasi dan berkompetisi untuk membuat simulasi dalam menemukan cadangan minyak dan gas bumi. Setiap tim terdiri atas beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dengan disponsori oleh industri seperti Tim BP mensponsori Universitas Papua Manukwari, Universitas Sains & Teknologi Jayapura dan Politeknik Negeri Fakfak. Tim ExxonMobil mensponsori Universitas Trisakti. Tim PTTEP mensponsori ITB, UGM, UI. SKKMigas mensponsori ITB. SPE mensponsori ITB dan UI. IATMI mensponsori UI, Universitas Trisakti, ITB dan HCML. Dan terakhir adalah Tim ESDM yang diwakili oleh PEM Akamigas.

PetroChallenge merupakan ajang kompetisi untuk mahasiswa dengan tujuan mengembangkan pengetahuan mereka tentang industri migas dan ambisi mereka dalam mengejar karir profesional ataupun pendidikan tinggi yang relevan. Kegiatan ini telah diselenggarakan di beberapan negara. Dan di Indonesia PetroChallenge ini adalah yang pertama kalinya.

Dalam kompetisi ini, setiap tim berperan  dan bertindak sebagai perusahaan migas yang menghadapi tantangan mulai tahap pencarian sumber minyak, eksplorasi, eksploitasi hingga pengembangannya.

Tim ESDM yang terdiri dari Tri Bagus Prabowo/BOR4, Muhammad Adhim Mulia/PRD4 dan Salman Fajriansyah/PRD4 dibawah bimbingan dosen, Bambang Yudho Suranta, berhasil merebut nilai tertinggi dan meraih Juara 1 untuk ajang kompetisi baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia ini.

Tim ESDM berjaya mengalahkan tim SPE diurutan ke-2 dan tim ExxonMobil di urutan ke-3. Sebagai penghargaan, tim ESDM berkesempatan melakukan apprentice di SKKMigas dan juga mengikuti Petrochallenge di Houston, Amerika. (drm)

 

IPA Konvensi dan Pameran yang ke 42 (The 42nd IPACONVEX) tahun ini mengangkat tema “Driving Indonesia’s Oil and Gas Global Competitiveness”. Ajang konvensi dan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesian Petroleum Association ini merupakan ajang yang mengumpulkan hampir semua perusahaan perminyakan dari hulu hingga hilir serta perusahaan pendukungnya.

Ajang yang tahun ini sebagaimana sebelumnya diselenggarakan pada tanggal 2 – 4 Mei 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan – Jakarta. Dan sebagaimana tahun sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melalui Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama (KLIK) juga berpartisipasi dalam pameran dengan mengkoordinir unit-unit dibawahnya seperti, Direktorat Jenderal (Ditjen) Migas, Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas, Lemigas, PPSDM Migas dan tentu saja Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas.

Berbagai kegiatan dilaksanakan didalam booth KESDM untuk menghidupkan suasana booth sekaligus memberikan informasi dan pengenalan tentang KESDM kepada pengunjung dan peserta IPACONVEX. Kuis dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana dan hadiah menarik, hiburan dari band migascoustic juga presentasi singkat tentang masing-masing unit. PEM Akamigas yang diwakili oleh Arif Nurrahman menampilkan profil singkat PEM Akamigas, rupanya cukup menarik perhatian pengunjung dengan pola pendaftaran dan pendidikan dirasa cukup unik dan berbeda dibandingkan pendidikan tinggi pada umumnya.

Istimewa bahwa untuk tahun ini, The 42nd IPACONVEX dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo. Upacara pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2018 pukul 09.00 WIB di Balai Sidang ini menyampaikan laporannya, Presiden IPA, Ronald Gunawan, bahwa IPACONVEX tahun ini mengambil tema Driving Indonesia’s Oil and Gas Global Copetitiveness dengan mempertimbangkan kondisi Hulu Migas Indonesiayang terus mengalami penurunan produksidan karenanya sangat memerlukan investasi untuk menemukan cadangan migas baru melalui eksplorasi. Disisi lain, persaingan global untuk menarik investasi migas berlangsung  sangat ketat, sehingga diperlukan peningkatan daya saing Indonesia secara global.

“Saya perintahkan tahun yang lalu untuk Menteri ESDM memangkas sebanyak-banyaknya regulasi peraturan yang ada di Kementerian ESDM, sudah dipangkas 186 peraturan yang membuat ruwet, yang membuat kita bertele-tele kalau mau investasi di bidang ini. Sehingga diharapkan akan dapat memudahkan dan menarik investasi sebanyak-banyaknya di bidang ini.” Demikian sekilas sambutan Joko Widodo yang dilanjutkan dengan memutar roda katup pipa minyak sebagai tanda dibukanya The 42nd IPACONVEX. (drm)

PEM Akamigas, di bulan April 2018 ini diramaikan oleh berbagai kegiatan mulai dari 1Day with Experts yang dilaksanakan seminggu sekali, hingga Energy Festival (Efest PEM) 2018 yang diselenggarakan oleh BEM PEM Akamigas, yang menjadi ruang bagi pengembangan kreativitas mahasiswa PEM Akamigas, dunia pendidikan dan industri migas di tanah air. Efest PEM 2018 terdiri dari beberapa rankaian kegiatan seperti  PEM Akamigas Health Event (PHE), Career Talk, Petroleum Inspiring Talk and Trip (PITT), Youth English Challenge (YEC) 2018 dan banyak lagi.

Seminar kesehatan, donor darah dan cek kesehatan adalah rangkaian kegiatan dari PHE yang dilaksanakan pada tanggal 18 - 20 April 2018.

 

Seminar Kesehatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan dalam rangkaian PHE dengan mengangkat tema “Sehat Untuk Energi Masa Depan” (17/4). Seminar ini secara resmi dibuka oleh Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. R.Y. Perry Burhan, M.Sc dan  mendatangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, dr. Henny Indriyanti, M.Kes, sebagai narasumber.

Dalam seminar ini dr. henny indriyanti menjelaskan tentang bahaya wabah difteri. Kita perlu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan baik, agar tidak teridentifikasi wabah difteri. Karena kuman tersebut mengeluarkan toksin yang dapat menyebar keseluruh tubuh dan menimbulkan efek yang sangat buruk. Untuk itu marilah kita sayangi tubuh kita dengan menjaga kesehatan, dapat kita lakukan dengan hal-hal yang sederhana, yakni dengan melakukan olahraga, menjaga kebugaran tubuh, memperhatikan pola makan dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Marilah kita berperilaku bersih demi mewujudkan Indonesia sehat. 

 

Diundang dalam seminar ini adalah siswa siswi SMA/SMK ke Kecamatan Cepu yang diantaranya adalah SMAN 1 Cepu, SMK 1 Cepu, SMK Migas, SMA PGRI, SMA Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah, SMA Katolik Cepu dan SMA ST Yosef Cepu. (ik)

Mental yang dibutuhkan ketika berhadapan dengan dunia kerja dan masa kuliah tentu saja berbeda. Untuk membantu mahasiswa mempersiapkan secara dini hal-hal terkait dunia kerja dan nanti pada bulan Juli saat mahasiswa  tingkat 4 di wisuda. BEM PEM Akamigas bersama ECC UGM mempersembahkan career training dengan tema “Prepare the right path for your career” yang dilaksanakan di Kuda laut lt. 2 dan Grha Oktana pada 9-10 April 2018.

Sebanyak 80 peserta career training mayoritas terdiri dari mahasiswa PEM Akamigas tingkat 4. Dalam acara ini terdapat dua pembicara dari ECC UGM. Pembicara pertama adalah Gita Aulia, M.Psi selaku Development Manager at ECC UGM. Disampaikan oleh Gita bahwa berdasarkan data yang dihimpun ECC UGM pada tahun 2017, lebih dari 50% mahasiswa dan jobseeker (pencari kerja) belum mengetahui minat kariernya secara spesifik. Padahal, dengan mengenali bakat dan minat, kamu akan dapat menghindari kebosanan saat sudah bekerja nanti, karena kamu melakukannya sesuai dengan passion.  

Jadi Gita mengajak peserta Career Training untuk mengenali bakat dan minat masing-masing. Gita Aulia juga menjelaskan bahwa proses recruitment yang dilakukan perusahaan mempunyai karakteristik berbeda-beda oleh karena itu kita dari pihak pelamarlah yan harus aktif mencari informasi.

Pembicara kedua adalah Ria Aprilia , M.Psi, selaku Trainer. Dalam paparannya, Ria menyampaikan cara meningkatkan kepercayaan diri sesuai kemampuan diri. Selanjutnya Ria Aprilia juga mejelaskan teknik-teknik untuk wawancara setelah itu mahasiswa melakukan latihan Leader Group Discussion  (LGD)

Pada hari berikutnya mahasiswa melakukan wawancara kerja yang dilakukan tim ECC UGM. (ik)

Halaman 1 dari 25

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita
RizVN Login