ARSIP BERITA

“Perpustkaan itu merupakan jantungnya suatu institusi terutama institusi pendidikan seperti STEM Akamigas. Juga penting bagi lembaga-lemabga lain seperti Balitbang, dimana para peneliti sangat membutuhkan informasi yang terkait dengan penelitian yang dilakukannya, karena referensi data bisa diperoleh di perpustakaan.” Demikian sambutan Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. RY Perry Burhan, M.Sc saat membuka Rapat Penyusunan Master Plan Perpustkaan BPSDM ESDM Tahun 2017-2021 di gedung Kudalalut pada hari Selasa (21/2).

Kegiatan ini diprakarsai oleh BPSDM ESDM yang diikuti oleh perpustakaan dari seluruh satker dilingkungan BPSDM ESDM. Peserta kegiatan mencapai 30 orang dan dipimpin oleh Kasubag Humas dan Informasi BPSDM ESDM, Eko Hadi Susilo. Selain Ketua STEM Akamigas, hadir juga Wakil Ketua II, Drs. Wahid Sugiman, MT.

Lebih lanjut Ketua STEM Akamigas mengharapkan bahwa dalam mengelola perpustakaan sekarang harus lebih ditekankan pada teknologi informasi dan jaringan. Perpustkaan sekarang tidak membutuhkan dinding yang luas, tetapi perpustakaan yang bisa mengkases informasi keseluruh dunia dengan jaringan. Untuk itu perlu adanya jalinan kerjasama dengan perpustakaan lain sehingga bisa saling mengakses informasi yang dimiliki.

Sebelumnya dalam laporan awal, Kasubag. Humas dan Informasi BPSDM ESDM, Eko Hadi Susilo menyampaikan bahwa kegiatan ini berupaya untuk menyusun Master Plan Perpustakaan berdasar Permen ESDM no 13 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja. Ini merupakan kegiatan yang kedua, sebelumnya telah dilaksanakan pertemuan pertama di BPSDM ESDM pada bulan Januari 2017. Penekanan pada pertemuan kali ini adalah membahas bab I dan bab II, yaitu Pendahuluan dan Rancangan Blue Print.

Dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pegawai dalam menunjang pengadministrasian umum di STEM Akamigas, dilaksanakan pelatihan “Tata Naskah Dinas dan Penataan Arsip Dinamis” bagi tenaga administrasi khususnya, agar memiliki kesamaan visi dalam melaksanakan tugas-tugas administrasi. Naskah Dinas memang menjadi hal yang vital dalam suatu institusi. Seluruh tatacara dan pedoman  Tata Naskah Dinas Kementerian ESDM sudah diatur dalam Peraturan Menteri ESDM no. 042 tahun 2015. Permen ESDM no 042 tahun 2015 ini merupakan pedoman dan acuan bagi seluruh unit organisasi di lingkungan KESDM dalam rangka penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan pembangunan serta peningkatan pelayanan publik. Adapun tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk menciptakan kelancaran arus komunikasi dan informasi kedinasan yang pada gilirannya mendukung tugas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Pelaksanaan pelatihan ini dijadwalkan selama 2 minggu mulai tanggal 20 Februari 2017 sampai tanggal 3 Maret 2017.  Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Wiyata, untuk gelombang pertama diikuti oleh 30 peserta. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. RY Perry Burhan, M.Sc yang didampingi oleh Kabag Adm. Umum & Keu, Drs. Tri Warcono Adi, Kabag Adm. Akademik & Kemahasiswaan, Supadi, S.Pd, Kasubag Adm Umum, Yunanik, SE, MM, dan Kasubag Adm. Kemahasiswaan, Sunoto, SST. Dalam sambutannya, Prof. Dr. RY Perry Burhan berharap bahwa dengan pelatihan ini akan didapat persamaan visi, pandangan tentang tata kelola naskah, surat dan arsip yang dapat menunjang kinerja STEM Akamigas. Beliau juga mengingatkan bahwa suatu saat nanti akan menghadapi waktu dimana kertas sudah tidak diperlukan lagi dalam kegiatan perkantoran dan digantikan dengan teknologi informasi (paperless). Untuk itu hal seperti ini juga perlu diantisipasi.

Adapun narasumber yang dihadirkan sebagai penyaji materi adalah Tukiran, SH, MH dari Kementerian ESDM, Rustanto, Yunanik, SE, MM, Manik Wulan, S.S semuanya dari STEM Akamigas.

STEM Akamigas melalui Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) mengundang seluruh dosen yang telah mengajukan judul proposal, baik untuk penelitian maupun pengabdian masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 12 Februari 2017 di hotel Santika Surabaya ini dihadiri oleh sekitar 40 dosen yang dipimpin langsung Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. RY Perry Burhan, M.Sc yang didampingi oleh WK II, Drs. Wahid Sugiman, MT dan WK III, Ir. Roni Heru T, MT dan kepala UPPM, Dr. Pusparatu, MT. Proposal yang diseminarkan terdiri dari 32 judul penelitian dan 12 judul pengabdian masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut dihadirkan 2 (dua) orang narasumber yang diharapkan dapat membekali dan megarahkan para dosen dalam melakukan penelitian maupun pengabdian masyarakat. Narasumber yang dihadirkan memang memiliki penglaman dan pengetahuan yang mumpuni karena pernah menjabat sebagai ketua maupun sekretaris LPPM di ITS. Prof. Gamantyo Hendrantoro menyajikan materi berjudul “Penulisan Proposal Penelitian menujuPublikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi” dan Prof Darminto mengangkat tema “Menuju Publikasi Internasional”

Dalam kesempatan membuka kegiatan ini, Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. RY Perry Burhan, M.Sc menyampaikan bahwa penelitian dan pengabdian masyarakat meruapakan tugas yang melekat pada diri seorang dosen selain tugas mengajar yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beliau berharap kepada narasumber untuk mengarahkan dan menuntun agar dosen mampu menghasilkan tulisan yang bisa diterbitkan pada jurnal berkualitas baik nasional maupun internasional.

Prof. Gamantyo dalam paparannya menyisipkan kalimat yang sangat bijaksana, bahwa tujuan kita menulis adalah agar banyak yang membaca, mangacu dan bermanfaat bagi banyak orang dan bukan jurnal yang yang cepat terbitnya.

Sedangkan Prof. Darminto mengatakan bahwa menulis publikasi bukan sebuah pengetahuan tapi sebuah pengalaman.

 

Teknik Pengolahan Migas merupakan salah satu program studi yang diselenggarakan oleh STEM Akamigas. Prodi ini telah memperoleh Akreditasi peringakt B pada tahun 2012, berdasarkan Surat Keputusan BAN PT No : 005/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-IV/VI/2012, dengan nilai 334. Masa berlaku akreditasi ini akan berakhir pada tanggal 29 Juni 2017. Maka pada tahun 2017, Prodi ini harus memperpanjang akreditasi. Untuk itu pada hari Jum’at (10/2) STEM Akamigas mengundang BAN PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) dalam rangka melakukan visitasi Prodi Teknik Pengolahan Migas. Kehadiran BAN PT diterima secara langsung oleh Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. RY Perry Burhan, M.Sc yang didampingi oleh Wakil Ketua I, Ir. Woro Rukmi H, M.Sc dan WK III, Ir. Roni Heru T, MT. Hadir pula Ketua Kelompok Penjaminan Mutu, Ir. Dodit Murdohardono, M.Sc dan beberapa dosen prodi Teknik Pengolahan Migas. Kehadiran BAN PT yang diwakili oleh Prof. Dr.Ir A.M Imran dari Universitas Hasanudin dan Dr. Ir. Dyah Rini Ratnaningsih, MT dari UPN Veteran Yogyakarta ini direncanakan akan melihat kelengkapan dokumen pada Prodi Teknik Pengolahan Migas. Juga akan membahas borang institusi maupun borang Prodi tersebut disamping mengunjungi beberapa fasilitas yang terkait, diantaranya perpustakaan dan laboratorium.

Dalam kesempatan tersebut ketua STEM Akamigas berharap bahwa assesment ini akan memberikan hasil yang lebih baik bagi prodi Teknik Pengolahan Migas jika dibandingkan dengan nilai yang diperoleh pada periode yang lalu.

Sedangkan para asesor berharap bahwa kedatangannya jangan dianggap akan menghakimi seperti jaksa atau polisi, tetapi hanya akan memeriksa kelengkapan data yang diperlukan untuk  selanjutnya disampaikan ke BAN PT.

Ini adalah kunjungan ke empat STT Migas Balikpapan ke STEM Akamigas setelah kunjungan pertama pada tanggal 6 Maret 2013, kedua pada tgl 5 Februari 2014 dan ketiga pada tanggal 10 Februari 2015. Kuliah Kerja Lapangan ini diikuti oleh 54 mahasiswa dari DIII Teknik Pengolahan Migas yang dipimpin Miftahul Huda.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kabag Adm. Akademik dan Kemahasiswaan, Supadi, S.Pd yang didampingi oleh Kasub Adm Akademik, Andi Yuliastanto, S.Sos

Dalam sambutan pembukaan, Ketua Panitia, Moch. Gain Ave LB berharap bahwa kegiatan ini nantinya akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat selama kunjungan di STEM Akamigas, dan bisa memperkaya keilmuan yang bisa diterapkan ketika kembali ke Balikpapan.

Sementara itu, dosen yang mendampingi mahasiswa, Miftahul Huda dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Lapangan ini berasal dari Prodi D3 Teknik Pengolahan Migas. Kegiatan ini merupakan pemenuhan Syarat Ketentuan Studi (SKS) dala meningkatkan pengetahuan mahasiswa, baik pengetahuan dasar maupun pengentahuan lanjutan. Harapnnya dengan kunjungan ini akan mendapatkan ilmu yang dibutuhkan sehingga dapat meningkatkan wawasan keilmuan.

Supadi, S.Pd, Kabag Adm Akademik dan Kemahasiswaan yang mewakili Ketua STEM Akamigas menyambut dengan baik kedatangan rombongan STT Migas Balikpapan. Mahasiswa diharapkan dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari kunjungan ini.

Rombongan disamping mendapatkan gambaran tentang STEM Akamigas, juga melakukan peninjauan langsung ke Perpustakaan dan ke Laboratorium Minyak Bumi dan Laboratorium Proses.

Halaman 1 dari 15

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita
RizVN Login