ARSIP BERITA

Dalam rangka Pesta Kesenian Bali yang ke 39 tahun, pemerintah Kabupaten Buleleng di tahun 2017 ini berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Buleleng melalui sinergi antara kegiatan Pesta Kesenian Bali tingkat Kabupaten Buleleng dan Buleleng EXPO 2017 skala nasional. Dalam kesempatan ini Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM Migas), STEM Akamigas, PPSDM KEBTKE, PPSDM Migas, PPSDM Aparatur, PPSDM Geominerba dan BDTBT (Balai Diklat Tambang Bawah Tanah) ikut ambil bagian dalam Buleleng EXPO 2017, yang dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 21 Mei 2017 bertempat di eks pelabuhan Buleleng.

Kegiatan Buleleng EXPO 2017 ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi Kabupaten Buleleng juga daerah-daerah lain, karena kegiatan ini dapat menjadi sarana informasi kepada daerah luar Kabupaten Buleleng bahwa di kabupaten Buleleng memiliki potensi yang sangat besar diberbagai bidang. Dengan adanya saling pertukaran informasi antara para peserta pameran ini dapat saling menguntungkan kedua belah pihak.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST., dalam sambutannya menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan Buleleng EXPO 2017 dan Pesta Kesenian Bali dengan harapan dari pemerintah Kabupaten Buleleng semoga Buleleng EXPO 2017 dapat menjadi momen peningkatan perekonomian di daerah Kabupaten Buleleng dan kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahun, ujarnya. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyanapun berkesempatan berkunjung ke stand BPSDM ESDM yang dilanjutkan berkeliling ke stand-stand lainnya. Pameran ini diikuti oleh 40 peserta diantaranya BPSDM ESDM, Kementerian Koperasi dan UKM, PT. Angkasa Pura I (Persero), Provinsi Aceh, Bali International Flight Academy, Consulate General of India in Bali dll. (gmtn)

 

The 41st IPA Convention and Exhibition atau lebih dikenal dengan IPAConvex yang diselenggarakan oleh Indonesian Petroleum Association (IPA) merupakan ajang bergengsi para praktisi dan perusahaan di dunia perminyakan,  mulai dari plenary sessions, technical program yang didalamnya ada 119 pembicara dan 67 poster yang dipresentasikan dari bidang geologi, teknik dan ekonomi yang telah melalui seleksi selama sepanjang tahun 2017 ini. Kegiatan terakhir dalam The 41st IPA Convex adalah exhibition.

STEM Akamigas, tahun ini secara khusus berpartisipasi dalam kegiatan exhibition / pameran dan tergabung dalam booth Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) bersama dengan SKK Migas, Ditjen Migas, Balitbang, Lemigas dan PPSDM Migas serta Setjen ESDM (Biro Klik). Kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali dan untuk tahun ini dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 Mei 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Upacara Pembukaan The 41st IPAConvex 2017 yang sedianya dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, diwakili oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan yang ditandai dengan membunyikan bel sebagai awal kegiatan The 41st IPAConvex 2017. Tema yang diangkat tahun ini adalah “Accelerating Reform to Re-Attract Investment to Meet the Economic Growth Target” (percepatan pembaruan dalam rangka menarik kembali investasi untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi).

STEM Akamigas yang pada tahun ini meluluskan mahasiswa perdana dari jalur umum ingin menunjukkan kualitas yang dimiliki oleh lulusannya. Melalui booth KESDM, STEM Akamigas menampilkan “Oil Rig DeSign” karya mahasiswa STEM Akamigas pada ajang IPAConvex 2017 ini, yang telah menjuarai  Oil and Gas Parade yang diadakan di UPN “Yogyakarta” dan OCEANO yang diadakan di ITS Surabaya membuktikan bahwa mahasiswa STEM Akamigas tidak kalah dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya dan bahkan mampu menggungguli dengan memenangkan berbagai kejuaraan dan lomba.  

 

Bukan itu saja, STEM Akamigas juga mempresentasikan Overview STEM Akamigas sebagai perkenalan tentang STEM Akamigas yang telah mendidik tenaga kerja perminyakan yang kompeten. Presentasi ini dilakukan oleh Wakil Ketua III STEM Akamigas, Ir. Roni Heru Triyanto, MT. yang juga menyampaikan bahwa telah banyak tenaga kerja perminyakan di Indonesia yang merupakan alumni STEM Akamigas yang dulunya lebih dikenal dengan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) Akamigas. (drm) 

Disamping jalur umum, pintu masuk menjadi mahasiswa STEM Akamigas adalah jalur beasiswa. Menteri ESDM telah mengeluarkan Permen ESDM no 36 tahun 2015 tentang Bantuan Pendidikan dan Pelatihan serta Beasiswa bidang Energi dan Sumber Daya Mineral. Kementerian ESDM memang sangat memperhatikan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola energi dan mineral. Diharapkan dengan bantuan beasiswa akan lahir putra putri daerah yang memiliki kompetensi dan kulaitas dalam mendukung program pemerintah mewujudkan kemandirian dan kedaulatan energi.

Beasiswa diberikan kepada masyarakat yang tinggal di daerah penghasil dan atau daerah yang melaksanakan kegiatan dibidang esdm dan atau daerah tertinggal, terpencil, terluar dan terdepan atau pedalaman dan atau daerah potensi bencana. Beasiswa diperebutkan oleh 357 daerah kabupaten/kota.

Setelah dilakukan seleksi administrasi, berdasarkan SK Ketua STEM Akamigas No : 16 K/69.02/BPT/2017 tentang Penetapan Peserta Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Jalur Beasiswa KESDM (STEM Akamigas) Tahun Akademik 2017/2018, diputuskan bahwa dari pendaftar yang dinyatakan lolos tes wawancara sebanyak 522 orang. Adapun tes wawancara dilaksanakan serentak pada tanggal 18-19 Mei 2017 di 15 rayon di seluruh Indonesia, meliputi : Ambon (6 peserta), Balikapan (12 peserta), Banggai, Sulawesi Tengah (11), Cepu (150), Jakarta (48), Jambi (73), Jayapura (8), Makasar (4), Manado (5), Mataram (15), Medan (26), Palembang (64), Pontianak (5), Sorong (6) dan Surabaya (89). (Har)

Proses penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 memasuki jadwal yang krusial. Setelah melalui beberapa tahap, mulai dari pendaftaran dan seleksi administrasi, hari Rabu (17/5) dilaksanakan test tertulis. Ada 3 rayon yang disiapkan panitia. Di Jakarta terletak di Gedung Arsip KESDM Pondok Ranji Tangerang Selatan. Di Cepu, di Gedung Grha Oktana, STEM Akamigas dan di Surabaya di Gedung Wanita, Jl. Kalibokor 2, Gubeng Surabaya. Test dilaksanakan secara serentak mulai pukul 7.30 wib.

Test ini diperuntukan bagi mahasiswa jalur umum dan industri yang telah memenuhi syarat-syarat administrasi yang telah ditentukan. Total calon mahasiswa yang mengikuti test tulis sebanyak 1.220. Rayon Jakarta diikuti 309 orang, Cepu diikuti 576 orang dan Surabaya diikuti oleh 335 orang. Materi test adalah Matematika, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia. (Har)

 

Vyatra Mechanic adalah komunitas yang dapat menjadi wadah untuk menyalurkan hobi dan bakat dibidang mekanik dari Hima Teknik Mesin Kilang yang bergerak dibidang yang sesuai dengan fokus keilmuannya. Selain itu, Vyatra Mechanic juga sering mengikuti berbagai macam lomba atau kompetisi. Event yang baru-baru ini diikiuti adalah  event HTMB (Hang Tuah Model Boat) series 2 yang diselenggaran oleh Fakultas Teknik Perkapalan UHT (Universitas Hang Tuah) Surabaya. Hang Tuah RC Boat Turnament Series 2 ini diselenggarakan pada 13 - 14 Mei 2017 bertepatan dengan kegiatan Dies Natalis XXX Universitas Hang Tuah Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan secara nasional dengan beberapa kategori untuk siswa SLTA dan universitas. HTMB series 2 ini diisi dengan berbagai macam kategori, diantaranya: Endurance Race, Warship,dan Gasoline Engine.

Vyatra Mechanic mengikuti kategori Warship yang diwakili mahasiswa prodi Teknik Mesin Kilang yang terdiri dari Kristian Dwi Febrianto, Fadel Sidiq, Piko Hamudin.  Mereka berasal dari Prodi TMK II. Vyatra Mechanic (STEM Akamigas) berhasil meraih juara III dengan mengalahkan berbagai Perguruan Tinggi ternama di Indonesia seperti UI, UNDIP, ITS, PPNS, UISI, UMM, ITATS, UHT dan perguruan tinggi lainnya. (Har)

Halaman 1 dari 18

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita
RizVN Login