ARSIP BERITA

KULIAH UMUM

Written by

Kuliah umum diberikan pada hari Senin (9/1) dalam mengawali program pendidikan semester II TA 2016/2017. Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Grha Oktana ini selain dihadiri oleh seluruh mahasiswa juga dihadiri oleh beberapa dosen dan pimpinan STEM Akamigas. Seluruh mahasiswa tampak memenuhi Gedung Grha Oktana untuk menyimak apa yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudono dari Undip, sebagai narasumber, yang memberikan materi “Peran Surfaktan pada Proses Eksplorasi Minyak Mentah”. Tema ini dirasa sangat sesuai untuk memperkaya khasanah keilmuan bagi para mahasiswa dan dosen. Seperti yang disampaikan oleh Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. Perry Burhan, M.Sc pada saat membuka kegiatan ini, materi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa untuk nantinya diaplikasikan di tempat kerja. Mahasiswa memang didorong untuk terus mengembangkan pengetahuannya tentang industri migas. Karena ilmu pengetahuan selalu berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Termasuk dalam hal pemanfaatan surfaktan dalam mengoptimalkan produksi minyak.

Dalam paparannya, Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudono menyampaikan bahwa peran surfaktan memang dapat membantu dalam memaksimalkan produksi minyak mentah. Seperti kita ketahui bahwa dalam pengangkatan minyak bumi pada tahap primary recovery, baik dengan natural flow atau artificial lift, hanya mampu mengangkat antara 5 – 20 % OOIP (original oil in place). Sedangkan pada tahap secondary recovery, dengan waterflood maupun pressure maintenance hanya mampu mengankat 20 – 60%. Sedangkan 40% sisanya pada tahap tertiary recovery dapat diangkat dengan beberapa teknik, salah satunya chemical, yaitu dengan surfaktant.

Apel kedatangan mahasiswa dilaksanakan setelah mahasiswa STEM Akamigas melaksanakan libur semester I yang bertepatan dengan libur natal dan tahun baru 2017. Apel dilaksanakan di halaman Kampus Turibang pada tanggal 9 Januari 2017 yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa, Kaprodi dan unsur pimpinan STEM Akamigas. Tujuan apel tersebut adalah untuk mengecek kehadiran mahasiwa STEM Akamigas sekaligus membuka program perkuliahan semester II TA 2016/2017 yang dimulai tanggal 9 Januari 2016.

Dalam sambutannya Ketua STEM Akamigas Prof. Dr. RY Perry Burhan, M.Sc mengatakan bahwa semester genap ini merupakan penentu bagi kelulusan mahasiswa. Kesuksesan itu tidak datang dengan sndirinya, tetapi harus dengan upaya keras dan gigih. Mahasiswa harus bisa mengatur waktu dengan baik karena padatnya jadwal akademik pada semester II ini. Belum lagi akan menghadapi jadwal praktek kerja lapangan.

Bagi para dosen diharapakan kesiapannya dalam menelorkan Sarjana Sains Terapan. Kompetensi yang unggul dari para dosen supaya ditularkan kepada para mahasiswa, terutama dalam hal penelitian.

Perkuliahan semester II ini diawali dengan Kuliah Umum yang dilaksanakan di Gedung Grha Oktana dengan narasumber dari Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudono.

Peringatan Hari Ibu pada dasarnya dapat mengingatkan kepada kita untuk tetap memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksitensi peran dan kiprah perempuan dalam berbagai sektor kehidupan.

STEM Akamigas pada tanggal 22 Desember 2016 melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ibu ke – 88 di Halaman Kampus STEM Akamigas. Seluruh petugas Upacara merupakan Pegawai Wanita STEM Akamigas. Upacara berlangsung dengan khidmat dan tertib yang diikuti oleh seluruh pegawai, dosen dan tenaga penunjang.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua I, Ir. Woro Rukmi H, M.Sc selaku pembina upacara menyampaikan bahwa peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaan. Untuk itulah hari Ibu selalu diingat sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Saat ini perempuan menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change) yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Untuk itulah tema pada peringatan kali ini  "Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan".

Tema ini selaras dengan keberhasilan dan kemajuan yang dicapai perempuan Indonesia hingga saat ini, namun tidak dipungkiri bahwa kondisi perempuan dan juga anak sebagai kelompok  masyarakat yang rentan dari berbagai kekerasan, eksploitasi dan perlakuan diskriminatif lainnya.  Untuk itu perlu didorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan baik di dalam keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil penelitian yang dilakukan oleh team Dosen STEM Akamigas tentang Pemilihan lokasi TPA Sampah  yang memenuhi ketentuan teknis dalam SNI No :19-3241-1994. Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari tugas dosen selain mengajar. Judul penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya sampah yang belum tertangani secara maksimal. Dari 312 m3 setiap hari, baru 198 m3 yang tertangani. Artinya masih ada 114 m3 yang memerlukan penanganan segera. Sampah memang kadang menimbulkan permasalahan yang tidak kecil. Baik dari aspek kesehatan maupun lingkungan. Untuk itu penentuan lokasi TPA Sampah harus memenuhi persyaratan teknis dan berwawasan lingkungan sehingga pencemaran dapat dicegah atau diminimalkan. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menginventarisir pemilihan calon lokasi TPA diwilayah Kabupaten Blora sehingga di[eroleh calon lokasi yang sesuai untuk dijadikan masukan bagi Pemerintah Kabupaten Blora dalam merencanakan lokasi TPA dimasa mendatang.

Hasil penelitian ini disosialisasikan di Blora pada Rabu (7/12) dengan dihadiri oleh 16 orang peserta dari instansi terkait, yaitu DPU, Bappeda, BLH dan UPTD PU wilayah Cepu. Hadir dari STEM Akamigas beberapa dosen peneliti yang dipmpin oleh Ir. Dodid Murdohardono, M.Sc. Kegiatan yang dilaksanakan disebuah rumah makan ini terlihat sangat menarik. Peserta begitu antusias, sehingga sering terjadi diskusi dalam menghadapi permasalahan dilapangan.

Sosialisasi dibuka oleh Ir. Sabtanto Joko Suprapto, MT yang mewakili manajemen STEM Akamigas. Dalam sambutan pembukaan, Ir. Sabtanto J S, MT menyampaikan bahwa tugas dosen selain mengajar adalah tugas penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan  ini juga bagian dari tugas penelitian yang dilanjutkan dengan pengabdian kepada masyarakat. Kedepan diharapkan akan terjalin lebih erat lagi kolaborasi antara STEM Akamigas dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Blora.

Sedangkan dari Dinas Pekerjaan Umum yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Minar Ami, menyampaikan bahwa permasalahan sampah memang agak rumit, karena disamping kendala standar yang disarankan, juga menghadapi kendala sosial. Karena keterbatasan lahan sehingga pengelolaan sampah belum maksimal. Hasil kajian dari team STEM Akamigas ini diharapkan dapat saling melengkapi dalam pengelolaan lahan TPA Sampah di Kabupaten Blora.

Upacara Bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun KORPRI ke – 45 dilaksanakan di halaman kampus STEM Akamigas pada hari Selasa (29/11). Upacara berlangsung dengan khidmat dan tertib yang diikuti oleh seluruh pegawai, dosen, dan seluruh mahasiswa STEM Akamigas.

Tema Peringatan Hari Korpri ke 45 Tahun 2016 ini adalah “Bersama Korpri Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara.”

Wakil Ketua II, Drs. Wahid Sugiman, MT selaku pembina upacara dalam membacakan sambutan Presiden RI, menyatakan bahwa tema ini sesuai dengan kondisi saat ini yang sedang menghadapi pesta demokrasi Pemilukada serentak pada tahun 2017 yang menuntut netralitas PNS. Anggota Korpri juga dituntut untuk memperbaiki pelayanan publik dimana harus selalu berinovasi agar pelayanan publik semakin cepat, semakin murah, semakin tepat dan semakin baik. Dalam memenangkan persaingan global, Korpri dituntut untuk lebih disiplin, bertanggung jawab dan berorientasi kerja.

Disampaikan juga bahwa Korpri akan segera bertaransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara, yang diharapkan menjadi pusat inovasi dan loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Halaman 1 dari 14

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita
RizVN Login