Senin, 07 Agustus 2017 13:37

PELANTIKAN MAHASISWA

Pelantikan sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Energi dan Mineral dilaksanakan pada Senin (7/8) bertempat di Grha Oktana STEM Akamigas. Mahasiswa dikukuhkan oleh Ketua STEM Akamigas, Prof Dr. RY Perry Burhan, M.Sc dihadapan Kepala BPSDM ESDM, Senat Akademik, Wakil SKK Migas, Bupati Blora dan tamu undangan. Calon Mahasiswa dilantik oleh Ketua STEM Akamigas. Jumlah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 adalah 380 mahasiswa dengan perincian :

·Teknik Produksi Migas              :   62 orang

· Teknik Pengolahan Migas        :114 orang

·Teknik Instrumentasi Kilang    :   74 orang

·Teknik Mesin Kilang                :   67 orang

·Logistik Migas                          :  63 orang

Adapun jumlah seluruh Mahasiswa Tahun akademik 2017/2018 adalah 897 mahasiswa dengan perincian :

·Teknik Produksi Migas          :202 orang

·Teknik Pengolahan Migas                :230 orang

·Teknik Instrumentasi Kilang:138 orang

·Teknik Mesin Kilang                      :124 orang

·Logistik Migas                        :203 orang


Mahasiswa berasal dari masyarakat umum, industri, aparatur, beasiswa pemerintah daerah dan beasiswa masyarakat umum dari daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) dan daerah penghasil esdm. Calon mahasiswa secara simbolis diserahkan oleh Assistant Manager Education Pragram, Pertamina Corporate University Tirza Louise Suling kepada Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. Perry Burhan, M.Sc yang secara simbolis dikenakan Jas Almamater.


Dalam laporannya, Ketua STEM Akamigas mengatakan bahwa tahun ini jumlah mahasiswa STEM Akamigas meningkat sekitar 16% dalam rangka merespon kebutuhan tenaga kerja terampil sektor esdm dan menjadi bukti kepercayaan masyarakat dan industri terhadap STEM Akamigas dalam mencetak tenaga terampil sektor esdm.

Sementara itu dalam kuliah umum, Wakil Kepala SKK Migas, Sukandar lebih menyoroti tantangan industri migas kedepan dimana cadangan migas nasional semakin menipis dan mulai beralih ke Indonesia Timur di laut dalam, sehingga sangat banyak membutuhkan modal. Disamping itu, pembangunan infrastruktur gas diharapkan dapat menopang kebutuhan energi nasional disamping minyak. Hal ini disebabkan cadangan gas masih cukup besar. Secara khusus, beliau berpesan kepada mahasiswa untuk tetap semangat, disiplin dan giat belajar. Satu hal yang perlu digarisbawahi, SKK Migas akan membantu mahasiswa STEM Akamigas dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dengan menggandeng industri migas yang memiliki teknologi modern.

Kapala BPSDM ESDM, Prof. Dr. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, menyampaikan materi tentang pengembangan SDM untuk membangun kedaulatan energi untuk bangsa. Beliau menyinggung sektor esdm yang dianggapnya masih seksi. Untuk itu mahasiswa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebagai tenaga yang kelak terlibat dalam pengeloaan energi nasional. “Pada 2050 Indonesia akan menempati peringkat 3 sebagai kekuatan ekonomi dunia. Untuk itu hal yang harus dikuasai adalah pangan, energi dan air,” demikian ujarnya. Menyikapi hal tersebut mahasiswa STEM Akamigas diharapkan mampu menjadi tenaga-tenaga handal yang dapat memberikan berkontribusi nyata dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Acara terasa agak istemewa karena dimeriahkan oleh tari gambyong dan tari Huryalela dari Maluku Tenggara Barat serta paduan suara Gita Vyatra. (har)

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita Info Kampus PELANTIKAN MAHASISWA
RizVN Login