Jumat, 29 September 2017 16:10

PELATIHAN APAR DI JIKEN

Melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat mengenai pemakaian lat pemadam api ringan, STEM Akamigas kembali melaksanakan kegiatan serupa di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora pada hari Jum’at (29/9). Kegiatan serupa pernah dilaksanakan di Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan kali ini dilaksanakan di halaman Kecamatan Jiken, yang dihadiri oleh beberpa pegawai dilingkup kecamatan Jiken.

Dalam sambutan pembukaan, Camat Jiken Luluk Kusuma Agung Ariadi, S.STP berharap agar peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, terutama bagi ibu-ibu yang sering berhubungan langsung dengan api.

Sementara itu Wakil Ketua I, Ir. Woro Rukmi H, M.Sc menyampaikan beberapa hal terkait profile STEM Akamigas. Mahasiswa STEM Akamigas selain dibekali dengan ilmu pengetahuan juga dengan ilmu tentang keselamatan kerja. Kegiatan pengabdian ini merupakan kewajiban sebuah perguruan tinggi disamping tugas mengajar dan penelitian. STEM Akamigas wajib berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat sekitar. “Untuk kali ini kita akan berbagi ilmu pengetahuan terutama terkait dengan kondisi keselamatan kerja,” demikian tutupnya.

Sebelum praktek pemadaman api ringan, didahului dengan pemaparan teori mengenai terjadinya api dan kebakaran serta cara-cara pemadaman yang baik dan benar. Ir. Putut Suprijadi, MT dalam paparannya menjelaskan bahwa api terjadi karena ada 3 komponen yang mendukung, yaitu oksigen, bahan bakar dan sumber api. Jenis APAR yang diperagakan meliputi Aqueous Film Forming Foam (AFFF), serbuk kimia (dry chemical powder) dan jenis karbon dioksida (CO2). Disamping itu juga diperagakan memadamkan api dengan karung goni. (Har)

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita Info Kampus PELATIHAN APAR DI JIKEN
RizVN Login