Senin, 27 November 2017 14:34

Memotivasi Kinerja

Meningkatkan atau memotivasi seorang pegawai agar mampu menemukan potensi dalam dirinya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Mungkin saja pegawai itu tidak menyadari potensi kemapuan yang dimiliki. Untuk itu perlu pihak lain yang bisa membantu dengan berbagai pendekatan yang mudah dipahami dan diterima. Pelatihan peningkatan/motivasi kinerja ini biasa dilakukan oleh motivator baik didalam maupun diluar ruangan. Bentuk kegiatan dikemas dengan sangat menarik dan melibatkan partisipasi semua peserta. Kegiatan dilaksanakan di Kaliurang, Yogyakarta (25-26/11) diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan STEM Akamigas dengan tujuan membangun motivasi kerja, menyamakan persepsi, visi dan misi untuk membesarkan PEM Akamigas sebagai organisasi baru pengganti STEM Akamigas.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. RY Perry Burhan, M.Sc berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi, terutama bagi pegawai yang baru bergabung dengan STEM Akamigas. Semangat dan motivasi membangun kebersamaan sangat dibutuhkan dengan sasaran bersama yang dirumuskan dalam visi dan misi membesarkan PEM Akamigas.

Iwan Sulistiyanto, SH, MM, sebagai motivator dari Indo Outbond menjelaskan bahwa pekerja adalah sarana untuk mencapai ibadah dengan pelayanan sebagai hal terpenting dan bekerjasama atau teamwork menjadi alat untuk mencapai tujuan. Untuk mencapai hasil yang maksimal tentu dibutuhkan motivasi, yaitu kekuatan atau daya dorong yang menggerakkan sekaligus mengarahkan kehendak dan perilaku seseorang dan segala kekuatannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan, yang muncul dari keinginan memenuhi kebutuhannya.

Kegiatan yang lebih atraktif berupa outbond dimaksudkan untuk menjalin kekompakan, kebersamaan dalam mencari solusi dan memecahkan masalah. Kerjasama dilkukan dengan siapapun yang penting adalah komunikasi dan pemahaman satu sama lain dalam mencapai tujuan. Tujuan outbond ini adalah untuk mengetahui dan memahami adanya “individual differences” bahwa tiap individu itu berbeda, meningkatkan kepekaan “Self Awareness” terhadap orang lain, meningkatkan ketrampilan komunikasi, mampu membentuk tim yang efektif / kekompakan, meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan menumbuhkan sikap ksatria dan sportif. Kegiatan dialam terbuka ini tentunya juga sejenak meninggalkan kepenatan kita selama bekerja dikantor. Suasana ceria dan gelak tawa sering mewarnai setiap permainan. Permainan yang ditampilkan meliputi, Pipa bocor, estafet hula hoop, Atom Bomb dan menyeberang dengan papan. Peserta dibagi dalam 8 kelompok yang terdiri dari 11 orang.(Har)

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita Info Kampus Memotivasi Kinerja
RizVN Login