Senin, 21 Mei 2018 14:17

Khusus Tingkat III dan IV Kuliah Umum Industri Hulu Migas

Sebanyak 270 mahasiswa dari tingkat III dan IV semua Prodi, pada Senin, 14 Mei 2018 mengikuti Kuliah Umum dengan materi yang disampaikan oleh SKK Migas, ExxonMobil Cepu Ltd, PT. Pertamina EP Asset 4, PT.Pertamina EP Cepu dan JOB PEJ.

Kuliah umum yang diselenggarakan di Grha Oktana ini dibuka secara resmi oleh Direktur PEM Akamigas, Prof. Dr. R.Y.Perry Burhan, M.Sc. yang menyampaikan bahwa tujuan dari kuliah umum ini adalah belajar dan melihat secara nyata dari orang-orang teknis yang bekerja langsung di lapangan. Harapannya, pengalaman di lapangan ini akan dapat mengisi kekurangan dari teori. Dengan demikian mahasiswa kita nanti akan lulus dengan bekal pengetahuan yang berimbang sehingga tidak kaget saat terjun ke lapangan kerja nanti.

Materi pertama yang disampaikan dalam kuliah umum ini adalah oleh Kepala Divisi Manajemen Proyek dan Pemeliharaan Fasilitas SKK Migas, Agoes Sapto Raharjo yang menyampaikan tentang “Industri Hulu Migas di Indonesia”, termasuk didalamnya progres penemuan explorasi migas di Indonesia dari tahun 2011 hingga 2017.

Materi berikutnya, disampaikan oleh Andrimeda Fataha Mubina, Field Manager PT. Pertamina EP Asset 4 dengan materi Gas untuk pemenuhan Listrik Jawa Tengah. Andrimeda menyampaikan tentang“Gas untuk Pemenuhan Listrik Jawa Tengah” dengan wilayah kerja asset 4, yaitu Cepu, lokasi sumur gas : CPP Gundih, Poleng, Donggi Matindok, Papua.

Setelah materi kedua selesai dilanjutkan dengan materi berikutnya yang disampaikan oleh Rexy Mawardijaya selaku Public and Government Affairs dan juru bicara ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL). Adanya kegiatan industri minyak dan gas memiliki multiplier efek diantaranya dapat meningkatkan energy minyak bumi, EMCL juga melaksanakan Program Pendukung Operasi berupa pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan (program air bersi), pendidikan (pusat belajar guru, renovasi sekolah) dan pemberdayaan ekonomi (biogas, batik, kredit mikro dll).

Dan untuk materi terkashir disampaikan olehIr. Kunadi, M.M., CPM, PGA & Relation Manager PEPC. Kunadi menyampaikan “Overview Proyek LapanganGas Jambaran-Tiung Biru, yang merupakan proyek strategis untuk memenuhi kebutuhan energy JawaTimur dan Jawa Tengah yang diprediksikan akan selesai pada tahun 2021. (cit)

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita Info Kampus Khusus Tingkat III dan IV Kuliah Umum Industri Hulu Migas
RizVN Login