home_company_about1

Teknik Pengolahan Migas

PEM AKAMIGAS

Program Studi ini berkaitan dengan proses pengolahan migas pada sektor hilir, pengembangan bioenergi, dan petrokimia. Prodi Teknik Pengolahan Migas juga selama ini telah berkolaborasi dengan para praktisi baik dari nasional maupun internasional serta pelaku industri untuk mengajar mata kuliah komptensi inti dibidangnya. Setelah menyelesaikan program studi ini, diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan di operasional pengolahan hilir migas, bioenergi, dan petrokimia yang terampil, ahli, profesional, berintegritas, dan mampu bersaing di pasar global.

Pola Pengajaran :

  • Praktikum di kilang minyak PPSDM Migas Cepu, Kilang Pengolahan Gas CPP Gundih,
  • PKL di Industri migas dan Petrokimia

Visi :
Mengembangkan keahlian yang spesifik di bidang pengolahan migas dan petrokimia melalui pendekatan operasi dan rekayasa proses produksi bersih berkelanjutan untuk mengembangkan produk-produk energi dan kimia turunannya dari sumber-sumber energi fosil dan nabati

Misi :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan sarjana terapan untuk menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif dan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip operasi dan rekayasa proses sesuai kaidah keselamatan kerja dan lingkungan di bidang hilir migas, pengolahan energi nabati dan petrokimia.
  2. Melaksanakan penelitian terapan di bidang rekayasa proses, sintesa produk, keselamatan proses dan lingkungan yang mendukung industri hilir migas dan petrokimia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang inovatif atau bentuk-bentuk pelayanan serta jasa teknologi lainnya.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan industri, komunitas, pemerintah, akademisi serta para pemangku kepentingan di sub sektor migas, petrokimia dan energi terbarukan dalam rangka pengembangan SDM dan keilmuan di bidang hilir migas dan petrokimia serta untuk meningkatkan kemanfaatan bagi banyak pihak.

Capaian Pembelajaran Lulusan :

  1. Menguasai dasar-dasar perancangan proses migas dan petkim dengan menjunjung tinggi keselamatan kerja dan kelestarian lingkunga
  2. Mampu melakukan experiment, serta mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi data
  3. Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip sains, engineering dan ekonomi untuk menyelesaikan masalah-masalah teknis operasional unit pengolahan migas dan petrokimia
  4. Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip sains, engineering dan ekonomi ke dalam perancangan peralatan dan unit proses

Profil Lulusan dan Profesi 

 Profesi :

Profil Lulusan :

  • Sarjana Teknik Pengolahan Migas yang memiliki kemampuan dalam mengoperasikan, menganalisis, mengevaluasi, mengoptimasi, merancang dan melakukan pengawasan kegiatan hilir pengolahan di kilang migas dan petrokimia secara efisien dan aman berdasarkan kaidah-kaidah teknis, keselamatan kerja dan lingkungan.
  • Sarjana Teknik Pengolahan Migas yang memegang teguh etika profesi di bidang pengolahan migas, energi baru terbarukan dan petrokimia, bermoral, berintegritas, jujur, bertanggungjawab, cinta tanah air, dan mandiri.
  • Sarjana Teknik Pengolahan Migas yang mampu bekerja sama, memimpin dan mengatur sumber daya di lingkup industri pengolahan migas, energi baru terbarukan dan petrokimia, mampu berkomunikasi secara efektif, memecahkan masalah, serta mampu berkontribusi positip terhadap profesi dan lingkungan

Peluang Kerja :

Lulusan PEM Akamigas Program Studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, akan berkesempatan kerja di industri migas, petrokimia, bioenergi serta industri terkait.

Sebaran Alumni