Berita

1DWE, “Project Risk Management in Oil and Gas and Related Industries”

Masih dalam suasana daring (dalam jaringan) 1 Day With Experts (1DWE) kali ini mengangkat tema “Project Risk Management (HAZOP/HAZID/SIL) in Oil And Gas And Related Industries” (18/9), yang Menghadirkan Muhammad Zahirsyah, Principal Risk Consultant dari PT. ZEHATO Karya Bersama.

Dibuka oleh Wakil Direktur I, Rachman Setiawan, yang sedikit memperkenalkan tentang PEM Akamigas kepada Muhammad Zahirsyah bahwa sebagai perguruan tinggi vokasi, seluruh mahasiswa dari semua program studi memperoleh mata kuliah yang seragam, yaitu tentang K3. “K3 di dunia migas ini menjadi sesuatu yang sangat penting, crusial. Bekerja di dunia migas ini adalah padat modal, yang artinya kilang yang bernilai trilyunan hanya dioperasikan oleh beberapa orang, sehingga jika kita tidak aware terhadap safety kilang yang nilainya trilyunan itu akan hancur.”

Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa PEM Akamigas ini, diharapkan akan memberikan pencerahan dan manfaat langsung dari ahlinya, terutama tentang apa itu HAZOP (Hazard and Operability), HAZID (Hazard Identification), dan SIL (Safety Integrity Level), bukan saja bagi mahasiswa, tetapi juga bagi seluruh sivitas akademika PEM Akamigas.

Mengawali materinya, Muhammad Zahirsyah ini menyampaikan bahwa pada setiap company, untuk phase project yang diterapkan hampir semuanya mirip dan hanya berbeda istilah saja. Zahirsyah mencontohkannya dengan tahapan/phase project yang diterapkan di BP, ExxonMobil, Chevron, dan Shell. “Karena kita membicarakan tentang risk atau resiko, apa itu risk?....Resiko adalah seberapa sering dan seberapa serius accident bisa terjadi. Sedangkan definisi umum yang sesuai dengan ISO/IEC adalah adanya kombinasi dari probability/likehood daripada event atau insiden dan seberapa parah konsekuensinya.”

Berlangsung selama lebih dari 2 jam, 1DWE ini bisa diikuti secara daring melalui zoom dan  kanal youtube PEM Akamigas. (drm)

Search