Hama Tikus Merajalela, Solar Cell Jawabannya

Di Balai Desa Kentong, Kecamatan Cepu, Tim Pengabdian Masyarakat PEM Akamigas yang diprakarsai oleh Erna Utami mensosialisasikan dan membagikan solar cell, alat pengusir tikus yang banyak mengganggu sawah dan ladang petani (12/10).

Sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Kepala Desa Kentong, Muntahar, bahwa saat ini semakin mengganggu hama tikus di lahan pertanian warga. “Untuk itu, monggo bagi warga yang hadir, nanti kita akan menerima bantuan alat pengusir hama tikus, jadi mari kita sama-sama memanfaatkan bantuan ini dengan memperhatikan benar-benar petunjuk cara pemakaiannya,” pungkas Muntahar.

“Pada prinsipnya, alat ini tidak membunuh tikus, tapi hanya berupa sensor yang akan mengganggu hingga membuat tikus itu tidak betah dan pergi,” ungkap Erna Utami, koordinator Tim Pengabdian Masyarakat ini.

“Kami dari PEM Akamigas, memiliki kewajiban untuk melakukan pengabdian masyarakat sebagai salah satu wujud tridharma perguruan tinggi. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat bagi bapak-bapak sekalian,” lanjut Erna.

Bukan hanya membagikan alat pengusir tikus, Erna dan tim juga mengajarkan cara pembuatannya yang cukup sederhana, hingga apabila terjadi kerusakan pada alat yang dibagikan bisa dilakukan perbaikan sendiri dan bahkan membuatnya kembali secara mandiri oleh petani. (drm)

Terhubung dengan kami

Jalan Gajah Mada No. 38 Cepu, Blora, Jawa Tengah 58315 Telp. 0296-421897

  • dummy TELP.  0296-421897 ext. 111

  • dummy FAX.    0296-425939

  • dummy info@akamigas.ac.id

Newsletter

Masukkan email anda untuk berlangganan.

Search