Kenali dan Pahami PEM Akamigas

Tahun akademik baru 2020/2021 sudah dimulai. Diawali dengan kegiatan Poseba (Pekan Orientasi Mahasiswa Baru) PEM Akamigas, yang pada Tahun Akademik 2020/2021 ini dilaksanakan pada 16 – 18 Agustus 2020. Khusus ditahun ini, dalam situasi pandemik yang melanda dunia, Poseba tetap dilaksanakan secara daring. Sebagian dari rumah masing-masing, sebagian lagi mengikutinya dari asrama Vyatra.

“Kegiatan Poseba ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, yang tujuannya adalah untuk mengenal, memahami, menambah wawasan tentang lingkungan kampus PEM Akamigas, sehingga sebagai mahasiswa baru akan lebih mudah untuk beradaptasi dan belajar di PEM Akamigas,” disampipak oleh Direktur PEM Akamigas, R.Y. Perry Burhan dalam sambutannya sesaat sebelum membuka secara resmi kegiatan Poseba ini (17/08).

Direktur juga menyampaikan bahwa Poseba kali ini tidak diadakan dalam ruangan seperti tahun-tahun sebelumnya, namun dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). “Melalui dunia maya ini, kalian dituntut untuk dapat melihat bagaimana kampus kita ini, apa saja yang ada didalamnya, apa Cepu itu benar-benar ada. Justru di hari khusus ini, bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, kita dari berbagai suku, daerah, adat, budaya, dikumpulkan melalui dunia maya, zoom dan youtube ini untuk memulai babak baru pendidikan bagi calon-calon ahli migas,” imbuh Perry Burhan.

Dilaporkan oleh Ketua Pelaksana Poseba PEM Akamigas TA 2020/2021, Arif Nurrohman, bahwa peserta Poseba tahun ini adalah sebanyak 303 mahasiswa baru yang terdiri dari 100 mahasiswa dari jalur umum, 9 mahasiswa beasiswa KESDM, 41 mahasiswa kerja sama Pemkab Kepulauan Aru, 30 mahasiswa kerja sama Pemprov Aceh, 20 mahasiswa kerja sama Pemkab Maluku Barat Daya, 35 mahasiswa  Pemkab Kepulauan Tanimbar, 34 mahasiswa Pemkab Tanjung Jabung Barat, dan 24 mahasiswa Pemkot Prabumulih.

Adapun materi yang disampaikan dalam Poseba ini adalah Pengenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Pengenalan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Pengenalan Himpunan Mahasiswa Program Studi, Pengenalan Kampus, Pengenalan Asrama dan Tata Tertib, Pengenalan PEM Akamigas secara umum, Pengenalan Umum Bidang Akademik, Pengenalan Umum Bidang Kemahasiswaan, Pengenalan Umum Bidang Umum dan Keuangan, Pengenalan Program Studi dan Dosen Wali, dan Kiat-kita Belajar di Perguruan Tinggi. (drm)

Search