Berita

Laboratorium Teknik Mesin Kilang Kini Telah Dilengkapi Simulator CDU

Simulator CDU (Caviatation Demonstration Unit), merupakan peralatan laboratorium yang dapat digunakan untuk menunjukkan proses terjadinya kavitasi, mengendalikan proses terjadinya kavitasi, dan menyimpan data parameter proses kavitasi. “Sedangkan kavitasi itu sendiri merupakan fenomena perubahan fase uap dari suatu zat cair yang sedang mengalir. Fenomena ini muncul akibat dari penurunan tekanan pada zat cair hingga di bawah tekanan uap jenuhnya,” jelas Susilo Handoko yang seorang dosen di PEM Akamigas yang juga ketua tim peneliti “Rancang Bangun Cavitation Demonstration Unit (CDU) pada Sistem Hidrolik Berbasis Programmable Logic Controller (PLC)”.

“Kavitasi itu merupakan hal yang merugikan, karena bisa menurunkan kinerja pompa, dan kalo terjadi secara terus menerus bisa merusak pompa itu sendiri,” lanjut Susilo.

Bekerja bersama anggota peneliti lainnya, Totok Widiyanto, Chalidia Nurin Hamdani, dan mahasiswa Teknik Instrumentasi Kilang, Eza Yulianto Saputro, penelitian yang konstruksinya dilakukan selama bulan Juli hingga Desember 2020 ini menghasilkan peralatan laboratorium berupa simulator CDU yang akan dilengkapi dengan Standard Operating Prosedure (SOP), dan petunjuk praktikum sehingga dapat digunakan untuk praktikum mahasiswa di laboratorium Program Studi Teknik Mesin Kilang.

“Alat peraga ini bisa digunakan untuk materi-materi mata kuliah mekanika fluida, untuk instrument juga bisa, kemudian PLC dan Insyaallah scada yang bisa dioperasikan jarak jauh,” pungkas Susilo. (drm)

Search