Berita

Pemanfaatan Panel Surya untuk Pompa Irigasi Tanaman

Salah satu tugas utama dosen adalah pengabdian masyarakat. Demikian pula dengan dosen PEM Akamigas. Berbagai program pengabdian masyarakat juga telah dilaksanakan terutama selama kurun waktu tahun 2020 ini. Seperti halnya dengan yang telah dilakukan oleh Dr. Asepta Surya Wardhana, S.T., M.T. bersama timnya, Dr. Ayende, S.T., M.K.K.K.. Pujianto, S.T., M.T. dan Deddy Junaidi Pamungkas.

Cepu dan sekiratnya, merupakan daerah yang rawan kekeringan terutama di musim kemarau. Sedangkan banyak mata pencaharian penduduk adalah petani yang memerlukan pengairan bagi ladang pertaniannya. Kondisi inilah yang menggerakkan Asepta dan tim untuk membuka peluang bagi pemenuhan kebutuhan air untuk pertanian.

Memanfaatkan energi alternatif dalam hal ini adalah energi surya / tanaga matahari, yang memiliki potensi sangat besar sebagai pembangkit listrik untuk penggerak pompa air.

Bertempat di Area Perhutani Desa Jatirejo, Cepu, dilakukan pemasangan panel surya yang akan menggerakkan motor dan memompa air resapan masuk ke tendon sehingga bisa dimanfaatkan sebagai irigasi bagi lahan pertanian penduduk.

“Meski cuaca berawan, alat ini kita pasangi baterai sehingga pompa tetap dapat bekerja. Lahan yang tadinya tidak produktifpun dapat ditanami kembali dengan irigasi yang baik. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas,” ujar Asepta. (drm)

Search