Berita

Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi telah diraih PEM Akamigas

Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan organisasi yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional, dalam mewujudkan organisasi yang bersih dan bebas dari KKN. Untuk itu, perlu dilakukan langkah-langkah strategis melalui pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

PEM Akamigas adalah salah satu dari 763 unit kerja di tahun 2020 ini, yang telah lolos evaluai dan penilaian, berhak mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK / WBBM oleh Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dilaksanakan pada 21 Desember 2020 secara offline dan online, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia.

Sebagaimana disampaikan oleh Plt. Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Jufri Rahman, dalam laporannya bahwa Apresiasi dan Penghargaan bagi unit kerja yang berhasil memperoleh predikat WBK/WBBM ini dilaksanakan setiap tahun oleh Kemen PAN RB sebagai rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi sedunia. “Hal ini dimaksudkan agar momentum Hari Anti Korupsi Sedunia mampu menjadi pemicu dan pemacu bagi seluruh instansi pemerintah untuk melaksanakan aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi secara konkrit, sistematis, dan bekelanjutan melalui penerapan program reformasi birokrasi, yang telah ditetapkan dalam grand design reformasi nasional tahun 2010 – 2025, dan road map reformasi birokrasi tahun 2020 – 2024, serta strategi nasional pencegahan korupsi dan rencana pembangunan jangka menengah, serta program nawacita.”

Demikian pula yang disampaikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin dalam arahannya, “Reformasi Birokrasi merupakan pilar penentu keberhasilan tercapainya visi Indonesia maju. Untuk itu pemerintah berkomitmen untuk memperkuat dan mempercepat reformasi birokrasi di seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Dalam konteks ini kita harus memastikan tegaknya integritas birokrasi. Keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi harus didukung dengan upaya yang serius, dalam menciptakan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).”

Setelah melakukan segala upaya perbaikan, kini PEM Akamigas telah menyandang predikat WBK. “Terima kasih atas usaha dan capaian Bapak Ibu semuanya, semoga apa yang kita capai kali ini bisa segera kita tingkatkan menjadi WBBM. Harapannya dimasa yang akan datang kita bisa smelayani dengan lebih baik lagi,” pesan Direktur PEM Akamigas, R.Y. Perry Burhan, sesaat setelah penerimaan penghargaan WBK oleh Kementerian PAN RB. (drm)

Search