Berita

Tetap Berprestasi di Masa Pandemik

Tahun 2020 merupakan awal merebaknya pandemik covid 19 di Indonesia. Berbagai berubahan dan penyesuaian dilakukan untuk mencegah dan menghentikan paparan virus ini. Pandemik dunia ini telah merubah perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari. Mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah sudah menjadi pemandangan yang biasa.

Anak-anak tidak ada yang melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di kelas dan diganti dengan system pembelajaran secara dalam jaringan (daring). Demikian pula untuk proses belajar mengajar di PEM Akamigas. Mahasiswa tidak diperkenankan keluar dari lingkungan asrama. Pembelajaran secara daring juga diterapkan.

Beruntunglah bahwa teknologi komunikasi saat ini sudah mendukung kita untuk tetap bertatap muka dalam jaringan. Banyak kegiatan mahasiswa yang dikemas secara daring, bukan saja proses belajar mengajar namun kegiatan lain pun menyesuaikan daring, seperti wisuda, 1 Day With Experts, peringatan Dies Natalis Ke 54 PEM Akamigas dan bahkan berbagai kompetisi juga dilaksanakan secara daring.

Di awal tahun 2020, mahasiswa PEM Akamigas masih sempat mengikuti kompetisi sebagaimana biasanya. Namun setelah pandemik, kompetisipun banyak berubah dilakukan secara daring.

Sebanyak 17 prestasi telah diraih mahasiswa disepanjang tahun 2020, baik itu dalam kompetisi yang berskala nasional maupun internasional. Seperti pada OGIP (Oil and Gas Intelectual Parade) 2020 yang diselenggarakan oleh UPN Yogyakarta pada 16-19 Januari 2020, mahasiswa PEM Akamigas meraih juara 2 di oil rig design competition dan plant of development competition. Kemudian medali perak juga diraih mahasiswa dalam Asian Youth Innovation Award dalam Malaysia Technology Expo 2020 pada 20 – 22 Februari 2020.

Pada 10-14 Maret 2020, mahasiswa PEM Akamigas juga meraih juara 1 pada Oil Rig Design di ajang BOREYES 2020 di UNPAD Bandung. Juara 2 di Smart Competition PETROLIDA 2020 ITS di 10-18 Agustus 2020. Bahkan di Kabupaten Blora, mahasiswa juga meraih juara 3 pada Kreativitas Inovasi Masyarakat (KRENOVA) 2020 yang diselenggarakan oleh BKD Kab. Blora. Dan dipenghujung tahun, mahasiswa  tetap berprestasi dengan meraih medali emas dan perunggu pada Olimpiade Sains Mahasiswa bidang kimia dan fisika yang diselenggarakan oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia). (drm)

Search